Sabtu, 23 Mei 2020

5 Aplikasi Perpustakaan Sekolah Terbaik Gratis

Aplikasi Perpustakaan Sekolah - Beragam jenis aplikas sudah hadir sekarang ini, tidak lain tujuannya untuk memudahkan aktivitas para pengguna gadget atau perangkat teknologi. Salah satu jenis aplikasi yang sangat membantu banyak orang adalah aplikasi untuk perpustakaan. Aplikasi semacam ini akan membantu kita untuk mengelola perpustakaan dengan lebih mudah dan cepat.



Aplikasi perpustakaan tersebut memungkinkan untuk mendata buku, anggota, hingga pinjaman buku dengan lebih mudah dan efisien. Selain akan membantu penjaga atau admin perpustakaan, cara ini juga akan meminimalisir kehilangan buku atau kesalahan pencatatan. Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi perpustakaan sekolah terbaik yang bisa Anda gunakan secara gratis.


Daftar Aplikasi Perpustakaan Sekolah Terbaik Gratis


1. School Library System


https://www.softpedia.com/get/PORTABLE-SOFTWARE/Applications-suites/Windows-Portable-Applications-School-Library-System.shtml
Pilihan aplikasi perpustakaan untuk sekolah terbaik yang pertama adalah School Library System. Aplikasi satu ini banyak dipilih karena mengusung banyak sekali fitur canggih di dalamnya. Pastinya fitur-fitur tersebut berguna untuk memudahkan pengelolaan data perpustakaan dengan lebih efisien.

Melalui aplikasi School Library System Anda akan lebih mudah mendata buku di perpustakaan dengan memasukkan informasi detailnya, seperti judul, penerbit, penulis, subjek, hingga ID buku. Selain itu, Anda juga memungkinkan untuk menambahkan anggota beserta informasi detailnya ke sistem perpustakaan, seperti usia, alamat, kelas hingga ID anggota.

2. Calibre eBook Management


https://calibre-ebook.com/download
Jika aplikasi sebelumnya berguna untuk mengelola data perpustakaan secara fisik, berbeda dengan aplikasi satu ini. Aplikasi bernama Calibre eBook Management bisa Anda gunakan untuk mengelola perpustakaan dalam bentuk digital. Buku yang didata tentu juga bukan buku fisik, melainkan buku elektronik yang sering disebut dengan E-book.

Dengan menggunakan aplikasi Calibre eBook Management, koleksi buku digital atau e-book Anda akan tertata dan meminimalkan kehilangan. Menariknya, aplikasi satu ini sudah support untuk berbagai platform, seperti Windows, Linux, MacOS, hingga Portable App.

3. Book Tracker Collector’s Edition


https://www.softpedia.com/get/Others/E-Book/Book-Tracker-Collectors-Edition.shtml
Aplikasi bernama Book Tracker Collector’s Edition juga menjadi salah satu aplikasi perpustakaan sekolah yang populer digunakan. Di dalamnya juga disediakan berbagai fitur canggih yang akan memudahkan pengguna dalam mengelola koleksi buku. Meski begitu, aplikasi Book Tracker Collector’s Edition ini ternyata bisa Anda gunakan secara gratis tanpa harus membeli lisensi.

Terdapat fitur yang memungkinkan kamu mendata buku dengan mudah beserta detailnya, seperti judul, penerbit, halaman hingga lokasi dari buku. Tersedia pula fitur yang bisa digunakan untuk mencatat anggota dan pinjaman buku.

4. LMS


https://aburazsoftservices.wixsite.com/aburazsoft/softwares
Pilihan aplikasi perpustakaan di sekolah terbaik berikutnya diberi nama LMS. Berbeda dengan aplikasi lainnya, LMS mengusung tampilan antarmuka yang lebih modern, simple dan tertata rapi. Fitur-fitur yang disediakan di dalamnya terbilang sangat lengkap. Anda juga bakal bisa menggunakan aplikasi LMS dengan mudah, karena tampilannya yang user friendly.

Tidak hanya cocok untuk mengelola data perpustakaan sekolah, aplikasi LMS ini juga bisa digunakan untuk perpustakaan pribadi hingga instansi tertentu. Salah satu fitur terbaik dari LMS ini yakni memungkinkan Anda menambahkan anggota (murid dan guru), donatur, hingga kelompok tertentu.

5. BiblioteQ


https://biblioteq.sourceforge.io/
Dan pilihan aplikasi perpustakaan gratis terbaik untuk sekolah yang terakhir adalah BiblioteQ. Tidak jauh berbeda dengan aplikasi sebelumnya, di sini Anda bisa mengelola data perpustakaan dengan mudah melalui aplikasi BiblioteQ. Selain itu, memungkinkan juga Anda menggunakan aplikasi ini untuk mengelola majalah, foto, jurnal, CD & DVD, hingga koleksi game.

Mengelola buku bisa kamu lakukan dengan lebih mudah, serta bisa pula menambahkan detail buku hingga mengelompokkannya sesuai kategori.

Download GTA San Andreas Mobile

Tidak ada komentar:

Posting Komentar